Kurikulum Merdeka 2023 Dengan CP - TP - Ruang Lingkup Materi Informatika

Tujuan Pembelajaran Informatika Kurikulum Merdeka


Dengan memahami Tujuan Pembelajaran Informatika Kurikulum Merdeka
dapat digunakan sebagai rujukan ataupun acuan bagi para Guru dalam melaksanakan tugas mengajar sebagai guru Matematika.

Pembelajaran Paradigma Baru
Pembaharuan pembelajaran bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah dimulai pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.
Karena itu, pembelajaran paradigma baru pun disertai dengan penyesuaian kurikulum ke Kurikulum Merdeka.

Struktur kurikulum ini didasari tiga hal yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel dan karakter Pancasila.

Selain itu, struktur kurikulum berbasis konteks satuan pendidikan pun kembali dikuatkan.

Pembelajaran paradigma baru memastikan praktik pembelajaran untuk berpusat pada peserta didik.

Dengan paradigma baru ini, pembelajaran merupakan satu siklus yang berawal dari pemetaan standar kompetensi, perencanaan proses pembelajaran dan pelaksanaan asesmen untuk memperbaiki pembelajaran sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

Pembelajaran paradigma baru memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Pada pembelajaran paradigma baru, Profil Pelajar Pancasila berperan menjadi penuntun arah yang memandu segala kebijakan dan pembaharuan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk pembelajaran, dan asesmen.
 

Tujuan Pembelajaran Informatika Kurikulum Merdeka
Pengajaran Sesuai dengan Tingkat Kemampuan
Pengajaran sesuai dengan tingkat kemampuan adalah pendekatan belajar yang berpusat pada peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan mereka, bukan pada pada tingkatan kelas.

Apa tujuan pengajaran ini?
  • Sebagai bentuk implementasi filosofi ajar Ki Hajar Dewantara yang berpusat pada peserta didik
  • Peserta didik lebih kuat kemampuan numerasi dan literasinya
  • Pengetahuan pada tiap mata pelajaran peserta didik juga lebih kuat
Bagaimana pengelompokan peserta didik?
Peserta didik dikelompokkan berdasarkan fase perkembangan.

Apa itu fase perkembangan?
Fase atau tingkatan perkembangan adalah capaian pembelajaran yang harus dicapai peserta didik. Setiap proses pembelajaran tersebut disesuaikan dengan karakteristik, potensi, serta kebutuhan peserta didiknya.

SEKOLAH REGULER
1. Fase A: SD Kelas 1-2
2. Fase B: SD Kelas 3-4
3. Fase C: SD Kelas 5-6
4. Fase D: SMP Kelas 7-9
5. Fase E: SMA Kelas 10
6. Fase F: SMA Kelas 11-12

SEKOLAH LUAR BIASA
Untuk SLB, capaian pembelajaran memakai acuan usia mental yang ditetapkan melalui asesmen.
1. Fase A: usia mental = 7 tahun
2. Fase B: usia mental +/- 8 tahun
3. Fase C: usia mental +/- 8 tahun
4. Fase D: usia mental +/- 9 tahun
5. Fase E: usia mental +/- 10 tahun
6. Fase F: usia mental +/- 10 tahun

Tujuan Pembelajaran Informatika Kurikulum Merdeka
Sinkronisasi Jenjang, Usia Mental, & Usia Kronologis
FASE A
1. Jenjang / Kelas: SD (1-2)
2. Usia Kronologis: kurang dari 6-8 tahun
3. Usia Mental: kurang dari 7 tahun

FASE B
1. Jenjang / Kelas: SD (3-4)
2. Usia Kronologis: 9-10 tahun
3. Usia Mental: +- 8 tahun

FASE C
1. Jenjang / Kelas: SD (5-6)
2. Usia Kronologis: 11-12 tahun
3. Usia Mental: +- 8 tahun

FASE D
1. Jenjang / Kelas: SMP (7-9)
2. Usia Kronologis: 13-15 tahun
3. Usia Mental: +- 9 tahun

FASE E
1. Jenjang / Kelas: SMA (10)
2. Usia Kronologis: 16-17 tahun
3. Usia Mental: +- 10 tahun

FASE F
1. Jenjang / Kelas: SMA (11-12)
2. Usia Kronologis: 17-23 tahun
3. Usia Mental: +- 10 tahun

Tujuan Pembelajaran Informatika Kurikulum Merdeka
Bagaimana menentukan kemajuan hasil belajar di metode ini?
Kemajuan hasil belajar peserta didik Anda dilakukan melalui evaluasi pembelajaran atau asesmen. Peserta didik yang belum mencapai capaian pembelajaran akan mendapatkan pendampingan dari Anda agar tercapai capaian pembelajarannya.

Tujuan Pembelajaran Informatika Kurikulum Merdeka
Bagaimana tahapan metode pengajaran ini?

ASESMEN DIAGNOSTIK
Peserta didik Anda akan melakukan asesmen awal untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, tahap pencapaian pembelajaran, dan hal mendasar lainnya.

PERENCANAAN
Pada tahap ini, Anda akan menyusun proses pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen diagnostik.
  • Selain itu, Anda akan melakukan pengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan yang sama.
PEMBELAJARAN
  • Selama proses pembelajaran, Anda akan mengadakan asesmen formatif secara berkala.
  • Sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran, di akhir proses pembelajaran, Anda akan melakukan asesmen sumatif. Asesmen ini juga akan memudahkan Anda untuk merancang projek berikutnya bagi peserta didik.

Pengorganisasian Pelaksanaan Pembelajaran
Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran paradigma baru, perlu adanya pembaharuan dalam pengorganisasian pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan satuan pendidikan.

Kewenangan Pemerintah Pusat
1. Struktur kurikulum
2. Profil Pelajar Pancasila
3. Capaian pembelajaran
4. Prinsip pembelajaran dan asesmen

Kewenangan Satuan Pendidikan
1. Visi, misi, dan tujuan sekolah
2. Profil pelajar di satuan pendidikan
3. Kebijakan lokal terkait kurikulum
4. Proses pembelajaran dan asesmen
5. Pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan
6. Pengembangan perangkat ajar


Beberapa prinsip dalam pengembangan struktur Kurikulum Merdeka:
Struktur Minimum
Struktur kurikulum minimum ditetapkan tapi satuan pendidikan bisa mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai visi misi dan juga sumber daya yang tersedia.

Otonomi
Kurikulum memberi kemerdekaan pada satuan pendidikan dan pendidik untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.

Sederhana
Perubahan yang terjadi adalah seminimal mungkin dengan beberapa aspek yang berubah secara signifikan dari kurikulum sebelumnya. Tapi, tujuan, arah perubahan, dan rancangannya jelas dan mudah dipahami sekolah dan pemangku kepentingan.

Gotong Royong
Pengembangan kurikulum dan bahan ajar adalah hasil kolaborasi puluhan institusi, di antaranya Kementerian Agama, universitas, sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.

Tujuan Pembelajaran Informatika Kurikulum Merdeka
Mata pelajaran Informatika bertujuan untuk mengantarkan peserta didik menjadi “computationally literate creators” yang menguasai konsep dan praktik informatika, yaitu:
  1. berpikir komputasional, dalam menciptakan solusi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan secara sistematis, kritis, analitis, dan kreatif;
  2. memahami ilmu pengetahuan yang mendasari informatika, yaitu sistem komputer,jaringan komputer dan internet, analisis data, algoritma pemrograman serta menyadari dampak informatika terhadap kehidupan bermasyarakat;
  3. terampil berkarya dalam menghasilkan artefak komputasional sederhana, dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan proses rekayasa, serta mengintegrasikan pengetahuan bidang-bidang lain yang membentuk solusi sistemik;
  4. terampil dalam mengakses, mengelola, menginterpretasi, mengintegrasikan, mengevaluasi informasi, serta menciptakan informasi baru dari himpunan data dan informasi yang dikelolanya, dengan memanfaatkan TIK yang sesuai; dan
  5. menunjukkan karakter baik sebagai anggota masyarakat digital, sehinggamampu berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi dan menggunakan perangkat teknologi informasi disertai kepedulian terhadap dampaknya dalam kehidupan bermasyarakat.

Tujuan Pembelajaran Informatika Kurikulum Merdeka
Bagi Anda yang membutuhkan Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya dapat mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.
1. Tujuan Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka
2. Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka
3. Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka
4. Tujuan Pembelajaran Sejarah SMA Kurikulum Merdeka
5. Tujuan Pembelajaran Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka
6. Tujuan Pembelajaran Geografi SMA Kurikulum Merdeka
7. Tujuan Pembelajaran IPA SMP Kurikulum Merdeka
8. Tujuan Pembelajaran IPAS SD Kurikulum Merdeka
9. Tujuan Pembelajaran Fisika SMA Kurikulum Merdeka
10. Tujuan Pembelajaran Antropologi SMA Kurikulum Merdeka
11. Tujuan Pembelajaran Sosiologi SMA Kurikulum Merdeka
12. Tujuan Pembelajaran Biologi SMA Kurikulum Merdeka
13. Tujuan Pembelajaran Kimia SMA Kurikulum Merdeka
14. Tujuan Pembelajaran IPS SMP Kurikulum Merdeka
15. Tujuan Pembelajaran PJOK Kurikulum Merdeka
16. Tujuan Pembelajaran PPKn Kurikulum Merdeka
17. Tujuan Pembelajaran PJOK Kurikulum Merdeka
18.Tujuan Pembelajaran Prakarya Pengolahan Kurikulum Merdeka 
19. Tujuan Pembelajaran Prakarya rekayasa Kurikulum Merdeka
20. Tujuan Pembelajaran Prakarya Budidaya Kurikulum Merdeka
21. Tujuan Pembelajaran Prakarya Kerajinan Kurikulum Merdeka
22. Tujuan Pembelajaran Seni Teater Kurikulum Merdeka
23. Tujuan Pembelajaran Seni Rupa Kurikulum Merdeka
24. Tujuan Pembelajaran Seni Tari Kurikulum Merdeka
25. Tujuan Pembelajaran Seni Musik Kurikulum Merdeka
26. Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka
27. Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka
28. Tujuan Pembelajaran PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka

Demikian Tujuan Pembelajaran Informatika Kurikulum Merdeka, Semoga bermanfaaT.

Terima Kasih.


Materi INFORMATIKA - SMP 



No comments: