3 Plaforn Pembelajaran Media Interaktif terbaru untuk guru membuat lembar kerja dan assesmen murid

3 Website Media Pembelajaran 


Berikut ini 3 website yang dapat membantu para guru untuk membuat proses belajar mengajar di kelas online menjadi lebih menarik dan juga dapat membantu guru untuk bisa melakukan asesmen hasil belajar dengan cara yang menyenangkan. 
    
Ada banyak website yang bisa membantu guru-guru untuk membuat pelajaran akan menjadi lebih menyenangkan, namun tidak banyak yang  memberikan kemudahan bagi mereka untuk bisa sekaligus melakukan asesmen untuk melihat apakah siswa telah mengerti dengan materi yang diajarkan, padahal inilah yang menjadi inti dari media pembelajaran untuk membantu anak agar lebih paham dengan materi yang diberikan.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi atau website bisa membantu guru untuk membuat proses belajar mengajar menjadi jauh lebih menyenangkan.

Agar lebih jelas saya akan mengambil beberapa indikator sebagai acuan untuk melihat aplikasi atau website pembelajaran ini, berdasarkan penilaian ; 
1. User interface (tampilan) 
User interface disini kita melihat apakah aplikasi atau website ini menarik dari segi tampilan dan juga mudah untuk digunakan, jadi pengguna yang baru pertama kali membuka aplikasi atau website tidak kebingungan dengan fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.
 
2. Fitur 
Fitur yang dibutuhkan dalam proses belajar-mengajar di kelas online, pada indikator ini kita akan melihat Apakah aplikasi atau website tersebut menyediakan fitur yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran secara online.

3. Pricing atau harga 
Price Penggunaan aplikasi atau website, nah predikator ini kita akan melihat apakah untuk versi gratisnya, fitur-fitur yang diberikan aplikasi atau website sudah cukup untuk digunakan dalam menunjang aktivitas belajar-mengajar secara online, terutama untuk fitur asesmen proses belajar siswa dari ketiga indikator diatas.

Berikut adalah aplikasi atau website yang menurut saya pribadi sangat bagus untuk digunakan dalam proses belajar, baik itu dari segi user interface dari segi ketersediaan fitur dan juga dari segi pricing atau harga, aplikasi yang pertama adalah :

1. WorldWall

Merupakan website yang menyediakan fitur untuk membuat media pembelajaran interaktif yang bisa digunakan secara online atau mencetak medianya dan memberikannya kepada siswa secara offline, yang paling saya sukai dari WordWall ini adalah siswa tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk bisa menggunakan permainan atau materi yang telah dibuat oleh guru, ini sangat memudahkan guru untuk menerapkan atau menggunakan wordwall dalam proses belajar-mengajar. 

Selain itu, permainan yang dibuat ini dapat diakses melalui laptop atau aplikasi browser handphone, nah Mari kita lihat dari segi user interface-nya dari segi user interface, website ini tampilannya sangat sederhana, tata letak pilihan menu atau fiturnya pun mudah untuk kita gunakan berbagai pilihan template permainan dan instruksi bagaimana cara menggunakannya juga tersedia di halaman awal atau beranda website. 

Dari segi fitur WordWall menyediakan beberapa fitur yaitu create aktivity, community, my activities dan myresult, merupakan fitur yang digunakan untuk membuat permainan atau materi baru.
Ada banyak template aktivitas yang disediakan oleh WordWall ada permainan klasik seperti Quiz, word search, for sword,  find the match and Jungle, dan lain sebagainya ada juga permainan arcade seperti maze chase dan airplane, serta tools untuk manajemen kelas seperti seating plan atau random will. 

Community, merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk mencari game pembelajaran yang dibuat oleh pengguna lain, ini menjadi pilihan yang bagus jika kalian tidak punya waktu untuk membuat materi.
Sehingga kalian tinggal mengetikkan kata kuncinya dan pilih permainan atau materi yang muncul materi tersebut sudah siap untuk digunakan dan bisa kita edit sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya adalah 
Myactivity merupakan fitur untuk mengakses kembali permainan atau materi yang telah kita buat, pada fitur ini kita juga bisa membuat folder dan mengelompokkan materi atau permainan yang kita buat berdasarkan Kelas, Semester dan lain sebagainya. Selanjutnya adalah 
MyResult merupakan fitur untuk melihat hasil atau skor peserta yang mengerjakan permainan, fitur ini yang bisa membantu guru untuk melihat dan meninjau apakah siswa sudah paham dengan materi yang baru saja diajarkan atau tidak, melihat dari skor yang tertera pada Myresult tadi. Selanjutnya adalah 
Pricing atau harganya WordWall dapat digunakan secara gratis dan juga terdapat pilihan berbayar, yang membedakan antara fitur gratis dan membayar adalah ketersediaan opsi tambahan untuk jenis template permainan. Untuk akun gratis ada sekitar 15 jenis template yang mana menurut saya itu sudah lebih dari cukup untuk bisa digunakan oleh guru, dan untuk akun berbayar terdapat tambahan 24 template permainan jadi ada total 39 jenis permainan yang bisa digunakan untuk akun berbayar. 
Untuk mengupgrade ke akun berbayar terdapat dua opsi yaitu standard atau Pro untuk skema pembayaran serta fasilitas yang ditawarkan.

2. WIZER.ME

Wizer.me juga merupakan website yang memungkinkan guru untuk membuat lembar kerja yang bisa diakses oleh siswa secara online, untuk menggunakan Wizer ini guru dan siswa harus memiliki akun.

Dari segi user interface-nya Wizer memiliki tampilan yang dinamis dan enak untuk dilihat, tata letak tab dan menunya serta fiturnya juga mudah untuk digunakan.
Selanjutnya dari segi fitur, Wizer menyediakan fitur community, worksheets, Create new worksheet, Learners and Coffee Room.
Community merupakan fitur dimana kalian bisa mengakses berbagai Worksheets atau lembar kerja yang telah dibuat oleh pengguna lain dan menggunakannya untuk keperluan kelas kalian.

Worksheet adalah fitur yang digunakan untuk membuat worksheet atau lembar kerja baru serta mengatur atau mengelompokkan worksheet yang telah dibuat berdasarkan kelompok tertentu, seperti topik mata pelajaran atau kelas. Selanjutnya 
Create new worksheet adalah fitur yang terdapat di dalam tab worksheet yang digunakan untuk membuat worksheet baru, terdapat beragam pilihan template untuk lembar kerja yang akan dibuat mulai dari Open question, multiple-choice, file blank, file image, table sorting dan lain sebagainya. 
Selain itu desain tampilan untuk lembar kerja dapat diubah dengan cara memilih berbagai template yang menarik. Selanjutnya ada fitur learners, fitur ini digunakan untuk melihat performa siswa mulai dari grade dan waktu akses siswa ketika mengerjakan lembar kerja yang diberikan. pada fitur ini kita juga bisa membuat kelas dan menghubungkannya ke Google Classroom, selanjutnya adalah 
Pricing,  Wizer menyediakan fitur gratis dan berbayar untuk pembayarannya itu sangat murah Karena kita hanya perlu membayar sekitar tiga dollar perbulan atau sekitar 40ribuan untuk pembayaran dan fasilitas yang disediakan.

3. LIVEWORKSHEETS
Liveworksheet merupakan website yang menyediakan fitur untuk guru mengupload worksheet agar bisa dikerjakan oleh siswa secara online, melalui website ini guru juga bisa memeriksa pekerjaan siswa secara langsung untuk bisa menggunakan liveworksheet, guru dan siswa harus membuat akun di website tersebut.

Selanjutnya mari kita lihat dari segi user interface tampilan awal dari liveworksheet cukup sederhana. tab menu dan fiturnya dapat dengan mudah digunakan, namun tata letak beberapa fitur menurut saya tidak memanjakan mata dan terlihat tidak dinamis, jadi ada kemungkinan siswa tidak begitu tertarik dengan tampilannya. 
Terkait fiturnya liveworksheet menyediakan beberapa fitur seperti Interactive Worksheets, Make interaktif Worksheets dan Make Interactive Workbooks serta community. 

Interactive Worksheets merupakan fitur dimana kalian bisa mengakses jutaan lembar kerja siswa dan menggunakannya untuk keperluan pembelajaran kalian.
Make interaktif worksheet merupakan fitur yang kalian gunakan untuk membuat lembar kerja kalian sendiri.
Make interaktif workbooks merupakan fitur yang bisa kalian gunakan untuk membuat kumpulan worksheet atau kumpulan lembar kerja jadi fitur ini bisa digunakan untuk mengelompokkan lembar kerja berdasarkan grup tertentu, contohnya berdasarkan mata pelajaran.
Community merupakan fitur yang bisa kalian gunakan untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan pengguna lain.
Pricing atau harga Liveworksheet menyediakan akun gratis dan berbayar. ada beberapa skema pembayaran, kelebihan yang ditawarkan berdasarkan paket langganannya.


Sampai disini dulu pembahasan mengenai 3 website yang bisa membantu guru untuk membuat pembelajaran jadi lebih menarik sekaligus membantu guru untuk bisa mengevaluasi progress belajar siswa semoga bermanfaat 


Terima Kasih.



Teknik Menggambar untuk anak sekolah dasar atau Pemula :






BACA JUGA  :
  1. Kisah Nabi : Nabi Yunus dan Zulaikha yang ingin menikahinya
  2. KIsah Malaikat : 17 Nama-nama Malaikat dan tugasnya
  3. Kisah Nabi : Auj bin unuq raksasa pada zaman Nabi Nuh
  4. Kisah Nabi : Kisah Rasulullah Saw disihir oleh wanita Yahudi
  5. Kisah Nabi : Nabi Muhammd dan Pengemis Buta
  6. Jisah Nabi : Kisah Terciptanya Anjing
  7. Kish Nabi : Nabi Muhammad Menyebut Negara Indonesia
  8. Kisah Nabi : Mukjizat Nabi Muhammad SAW Waktu Kecil Mengobati Ibu Susuannya
  9. Kisah Nabi : Kisah Nabi Daud Yang ditegur malaikat Jibril
  10. Kisah Nabi : Amalan Nabi Muhammad yang perlu kita tir
  11. Kisah Nabi : Kisah Nabi Silly Symphony
  12. Kisah Nabi : Kisah Nabi Adam
  13. Kisah Nabi : Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus
  14. Kisah Nabi : Nabi Sulaiman dan Ikan Raksas
  15. Kisah Nabi : Kematian Nabi Yahya dan Nabi Zakaria
  16. Kisah Nabi : 9 Fakta Nabi Muhammad SAW
  17. Kisah Sahabat : Kisah Karomah 9 Sahabat Rosulullah Saw
  18. Kisah Sahabat : Kisah Wafatnya Nu'aiman , Sahabat yang Sering Membuat Baginda Rasul Tertawa
  19. Kisah Sahabat : Kisah Nu'aiman Sahabat Nabi yang Jenaka - Makan Pakai Mata
  20. Syair Lagu Walisongo - Neng Umi Laila
  21. Kisah Nabi Inilah 11 nama istri Rasulullah SAW ❤️
  22. Kisah Nabi Ini Yang Terjadi Jika Darah Rasulullah Menetes Ke Bumi
  23. Kisah Nabi : Doa Nabi Muhammad yang ditolak Allah SWT

No comments: