Abunawas: The story of Abunawas and his dozens of livestock:

Cerita Abunawas dan Ternaknya yang Berpuluh-Puluh:


Abunawas memiliki banyak hewan ternak di kebunnya, termasuk banyak ekor kambing. Suatu hari, Kaisar Harun Al-Rashid ingin mengejek Abunawas. Dia berkata, "Abunawas, saya ingin membeli semua kambing Anda. Harganya tidak masalah."

Abunawas setuju dengan penawaran tersebut. Namun, ketika dia mulai menjual kambingnya satu per satu ke Kaisar, dia berkata, "Namun, satu syaratnya, Kaisar. Anda harus membeli kambing pertama seharga 1000 dinar, kambing kedua seharga 2000 dinar, kambing ketiga seharga 3000 dinar, dan seterusnya hingga kambing terakhir."

Kaisar heran dan bertanya mengapa Abunawas mengatur harga seperti itu. Abunawas menjawab, "Karena saya tahu Kaisar tidak akan membeli semua kambing saya. Ini hanya cara saya untuk menjaga ternak saya."

Kaisar tertawa dan memuji kecerdikan Abunawas.


Semoga Menghibur.

No comments: