10 unique phenomena in ancient times that you need to know

10 Fenomena unik pada zaman dahulu yang perlu kalian ketahui

Ada banyak fenomena unik yang terjadi pada zaman dahulu yang mungkin tidak akan terulang lagi di masa kini. Berikut adalah 10 fenomena unik beserta gambar pada zaman dahulu yang saya ketahui:
 
 
  • Wabah Hitam (1346-1353): Wabah ini adalah salah satu bencana terbesar dalam sejarah manusia, yang menewaskan sekitar sepertiga populasi Eropa dan Asia pada saat itu. Wabah ini disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis yang ditularkan oleh tikus dan kutu1. Gambar di bawah ini menunjukkan salah satu korban wabah hitam yang dikubur secara massal.




  • Pax Romana (27 SM-180 M): Pax Romana adalah periode kedamaian dan kemakmuran yang berlangsung selama dua abad di dalam Kekaisaran Romawi. Periode ini mencapai puncaknya di bawah pemerintahan Kaisar Augustus, yang memperluas wilayah dan meningkatkan infrastruktur, budaya, dan hukum Romawi2. Gambar di bawah ini menunjukkan patung Augustus yang dibuat pada masa Pax Romana.


  • Pengobatan dengan Beruang (1946): Pada tahun 1946, seorang pria di Rusia yang menderita sakit punggung mencoba pengobatan alternatif yang aneh, yaitu ditindih oleh seekor beruang. Beruang tersebut dilatih untuk menekan bagian tertentu di punggung pria tersebut dengan beratnya yang mencapai 300 kg3. Gambar di bawah ini menunjukkan proses pengobatan tersebut.

  • Rekor Kecepatan Motor (1948): Pada tahun 1948, seorang pria bernama Rollie Free berhasil memecahkan rekor kecepatan motor tertinggi di dunia, yaitu 240 km/jam. Yang mengejutkan, ia tidak menggunakan helm atau perlindungan apapun, bahkan ia hanya mengenakan celana pendek dan sepatu. Ia juga memposisikan dirinya seperti tiduran di atas motor untuk mengurangi hambatan udara4. Gambar di bawah ini menunjukkan aksi berani Rollie Free.  


  • Sex Education (1929): Pada tahun 1929, sekelompok wanita di Amerika menghadiri kuliah umum tentang sex education yang diadakan oleh Dr. Robert Latou Dickinson, seorang dokter dan ahli kesehatan reproduksi. Kuliah ini membahas berbagai topik tentang seksualitas, seperti anatomi, fisiologi, kontrasepsi, dan penyakit menular seksual. Para wanita yang mengikuti kuliah ini tampak terkejut dan malu dengan materi yang diajarkan. Gambar di bawah ini menunjukkan reaksi para wanita tersebut.


  • Penebangan Pohon (1900): Pada awal abad ke-20, industri kayu di Amerika mengalami perkembangan yang pesat, yang menyebabkan penebangan pohon secara besar-besaran. Pohon-pohon yang ditebang memiliki diameter yang sangat besar, bahkan ada yang mencapai 10 meter. Tukang kayu yang bekerja di bidang ini harus menggunakan alat-alat berat dan berbahaya, seperti gergaji, kapak, dan kuda. Gambar di bawah ini menunjukkan seorang tukang kayu dan tumpukan batang pohon yang telah ditebangnya.


  • Senapan Pemburu Bebek (Awal abad 20): Pada awal abad ke-20, ada sebuah senapan yang dirancang khusus untuk memburu bebek. Senapan ini memiliki panjang sekitar 2,5 meter dan berat sekitar 50 kg. Senapan ini dapat menembakkan 1 kg peluru sekaligus, yang dapat membunuh ratusan bebek dalam satu tembakan. Namun, senapan ini juga sangat berisiko bagi penggunanya, karena dapat menyebabkan cedera atau kematian akibat ledakan atau rekoil. Gambar di bawah ini menunjukkan senapan pemburu bebek tersebut.


  • Pesta Teh Boston (1773): Pesta Teh Boston adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Amerika, yang merupakan protes terhadap pajak teh yang dikenakan oleh Inggris. Pada malam 16 Desember 1773, sekelompok pria yang menyamar sebagai orang Indian menyerbu tiga kapal yang membawa teh di pelabuhan Boston. Mereka kemudian melemparkan 342 peti teh ke laut, yang bernilai sekitar 10 ribu poundsterling. Peristiwa ini menjadi salah satu pemicu Revolusi Amerika. Gambar di bawah ini menunjukkan ilustrasi Pesta Teh Boston.


  • Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki (1945): Bom atom Hiroshima dan Nagasaki adalah dua serangan nuklir yang dilakukan oleh Amerika terhadap Jepang pada akhir Perang Dunia II. Bom atom pertama dijatuhkan di kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945, yang menghancurkan sekitar 70 persen bangunan di kota tersebut dan menewaskan sekitar 80 ribu orang. Bom atom kedua dijatuhkan di kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945, yang menghancurkan sekitar 40 persen bangunan di kota tersebut dan menewaskan sekitar 40 ribu orang. Serangan ini menyebabkan Jepang menyerah dan mengakhiri Perang Dunia II. Gambar di bawah ini menunjukkan ledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.


  • Pendaratan Manusia di Bulan (1969): Pendaratan manusia di bulan adalah salah satu pencapaian terbesar dalam sejarah eksplorasi luar angkasa. Pada 20 Juli 1969, dua astronot Amerika, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin, berhasil mendarat di permukaan bulan dengan menggunakan wahana Apollo 11. Mereka menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan dan mengibarkan bendera Amerika di sana. Misi ini ditonton oleh sekitar 600 juta orang di seluruh dunia melalui televisi. Gambar di bawah ini menunjukkan Neil Armstrong berjalan di bulan.



By: AI - Septadhana


No comments: