Waspada Virus Ransomware !!! Di Tahun 2024

Virus 2024 yang merupakan Virus yang membahayakan bagi masyarakat khususnya perusahaan-perusahaan dan instansi pemerintah.



Apa yg dimaksud ransomware?
Ransomware adalah istilah untuk mencakup jenis-jenis malware tertentu yang melakukan serangan terhadap suatu sistem komputer dengan embel-embel menuntut tebusan finansial dari korban dengan cara mengancam akan mempublikasikan, menghapus, atau menahan akses ke data pribadi yang penting.

Apa serangan ransomware?
Ransomware, Ancaman dan Langkah-Langkah untuk Menghindarinya
Ransomware merupakan perangkat lunak jahat yang dirancang untuk mengenkripsi data di dalam sistem atau perangkat, mencegah pemiliknya mengakses data tersebut.

Bagaimana cara kerja virus ransomware?
Bagaimana cara kerja ransomware? Serangan ransomware mengandalkan perampasan kendali atas data perorangan atau organisasi atau perangkat sebagai sarana menuntut uang. Di tahun-tahun yang lalu, serangan rekayasa sosial merupakan jenis serangan yang paling umum.

Kenapa bisa kena ransomware?
Ransomware sering menyebar melalui e-mail phishing yang berisi lampiran berbahaya atau melalui pengunduhan drive-by. Pengunduhan drive-by terjadi ketika pengguna tanpa sadar mengunjungi situs web yang terinfeksi, kemudian malware terunduh dan dipasang tanpa sepengetahuan pengguna.

Apa bahaya ransomware?
Risiko ransomware bagi perusahaan
Bahaya ransomware bagi perusahaan sangat besar. Jika komputer pribadi dienkripsi oleh ransomware, hal ini menjengkelkan, tetapi biasanya tidak ada alasan untuk kebangkrutan pribadi. Jika komputer perusahaan terinfeksi, hal ini dapat menyebabkan kebangkrutan perusahaan.

Risiko ransomware bagi instansi pemerintah?
Data-data penduduk maupun data-data terkait opemerintahan dapat di lock dan tidak bisa di buka.

Risiko ransomware bagi masyarakat khususnya pelajar, guru dan dosen
Data-data nilai, data materi pengajaran maupun data email setiap pelajar atau mahasiswa dapat di enskripsi sehingga data yang telah kita simpan tidak dapat dibuka dengan software apapun juga dikarenakan kunci enskripsi harus di beli dari para hacker yang udah meng inskripsi data tersebuit.
Data pribadi bisa terenkripsi, dan akses ke informasi tersebut akan terbatas atau bahkan hilang sepenuhnya. Informasi penting, seperti dokumen kerja, catatan keuangan, atau data penting lainnya, mungkin tidak dapat diakses.

Siapa yang menciptakan ransomware?
2012. Pada tahun 2012, Fabian Wosar menemukan ransomware untuk pertama kalinya, saat membantu korban mendapatkan kembali file terenkripsi mereka. Dia dengan cepat menjadi terobsesi untuk membuat alat dekripsi gratis yang akan membantu korban ransomware lainnya mendapatkan kembali file mereka.



Apa saja jenis jenis ransomware?
Berikut ini dua jenis Ransomware yang paling umum ditemukan:
  1. Encrypting Ransomware. Ransomware jenis ini menginfeksi perangkat dengan cara mengenkripsi file maupun folder penting yang ada di perangkat korban. ...
  2. Locker Ransomware.


Apakah ransomware bisa menyebar melalui flashdisk?
Ransomware juga dapat menginfeksi Hard-drive serta perangkat USB lain yang terhubung.

Apa yang menjadi tujuan utama dari penjahat yang menggunakan ransomware?
Ransomware adalah jenis perangkat lunak berbahaya (malware) yang mencegah pengguna mengakses sistem atau data penting. Perusahaan mana pun yang memiliki uang tunai adalah target pemerasan dunia maya. Tujuan di balik malware ini adalah untuk melakukan ancaman atau skema pemerasan dunia maya.


Berikut ini beberapa serangan hacker / Cyber :
  1. Malware.
  2. Serangan Penolakan Layanan Terdistribusi (DDoS)
  3. Pengelabuan.
  4. Serangan injeksi SQL.
  5. Scripting lintas situs (XSS)
  6. Botnet.
  7. Ransomware.

By. RSW @Septadhana

No comments: