Why did the Mongols lose against the Majapahit Empire?!

Kenapa Mongol kalah Melawan Majapahit?!



Kenapa Mongol yang reputasinya begitu kuat bisa kalah sama Majapahit. Di Jawa militer Mongol didominasi pasukan berkuda yang terlatih berperang dan bermanuver di Medan terbuka dengan sangat cepat 
inilah alasan mereka bisa punya wilayah yang sangat luas.

Tapi di hutan rimbun keunggulannya gak bermanfaat, bahkan menjadi beban, Coba aja berkuda di hutan kalau nggak kudanya kejeduk ya paling ngesandung pohon.

Majapahit juga memiliki strategi yang hebat mereka menyarankan Mongol untuk menyerang jayakatwang, yang membuat kekuatan awal pasukan Mongol berkurang di saat inilah pasukan Majapahit menyerang pasukan Mongol, baru mengalahkan Jayakatwang dan lagi sibuk merayakan keberhasilannya, Eh disergap.




Pasukan Mongol yang terkejut di Pantai Abis, hanya sebagian kecil yang lolos ke kapal karena di sepanjang rute ke laut sudah ada berbagai perangkap dan sergapan Majapahit yang menunggu dalam kesempatan ini, banyak pasukan paksaan Mongol yang memberontak inilah alasan kenapa banyak teknologi Mongol yang jatuh ke Majapahit. 


Uniknya para perwira Mongol yang selamat malah bilang misi berhasil karena Kertanegara Raja Singasari dan jayakatwang Raja Kediri sudah tidak ada. Menurutmu jika Raden Wijaya berhadapan dengan VOC Apakah ia akan menang?



@Riosepta


No comments: