Materi: Algoritma Pemrograman - INFORMATIKA



1. Mengenal Algoritma Pemrograman

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis yang terstruktur untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam pemrograman, algoritma menjadi pedoman dasar untuk membuat program yang efisien.

Karakteristik Algoritma

  1. Terbatas: Harus memiliki awal dan akhir.

  2. Jelas: Setiap langkah harus dapat dipahami dengan mudah.

  3. Efektif: Memecahkan masalah dengan cara yang optimal.

  4. Input dan Output: Memiliki data masukan (input) dan menghasilkan keluaran (output).

Contoh Sederhana Algoritma:

Masalah: Membuat teh manis.

Langkah-langkah:

  1. Masukkan air ke dalam panci.

  2. Panaskan air hingga mendidih.

  3. Tuangkan air ke dalam gelas.

  4. Tambahkan teh celup ke dalam gelas.

  5. Tambahkan gula secukupnya.

  6. Aduk hingga gula larut.

  7. Teh manis siap diminum.


2. Struktur Dasar Algoritma

1. Sequencing (Urutan):

Langkah-langkah dilakukan secara berurutan.

  • Contoh: Menghitung luas persegi panjang.

    • Input: Panjang, lebar.

    • Proses: Luas = Panjang × Lebar.

    • Output: Luas.

2. Selection (Pemilihan):

Menggunakan pernyataan "jika" untuk membuat keputusan.

  • Contoh:

    • Jika hujan, maka bawa payung.

    • Jika tidak hujan, maka tidak perlu payung.

3. Iteration (Perulangan):

Langkah-langkah yang diulang hingga kondisi tertentu terpenuhi.

  • Contoh:

    • Menghitung jumlah angka dari 1 hingga 10 dengan perulangan.


3. Penggunaan PictoBlox

Apa itu PictoBlox?

PictoBlox adalah platform pemrograman berbasis blok yang dirancang untuk pemula, terutama anak-anak, untuk belajar pemrograman secara interaktif. PictoBlox menggunakan pendekatan drag-and-drop, sehingga pengguna tidak perlu mengetik kode secara manual.

Fitur Utama PictoBlox:

  1. Pemrograman Berbasis Blok: Mempermudah pemula dalam memahami logika pemrograman.

  2. Kompatibilitas dengan Perangkat Keras: Mendukung Arduino, micro:bit, dan perangkat IoT lainnya.

  3. Animasi dan Simulasi: Membuat animasi dan permainan interaktif.

Langkah-Langkah Menggunakan PictoBlox:

  1. Unduh dan instal PictoBlox dari situs resminya.

  2. Buka aplikasi PictoBlox.

  3. Pilih mode "Block Coding".

  4. Tambahkan sprite dan blok logika.

  5. Jalankan program dengan menekan tombol "Run".


4. Membuat Program Sederhana

Contoh Program Sederhana dengan PictoBlox

Masalah: Membuat sprite bergerak maju dan berhenti saat tombol ditekan.

Langkah-Langkah:

  1. Buka PictoBlox dan pilih sprite (karakter).

  2. Tambahkan blok berikut:

    • Ketika Tombol Hijau Ditekan:

      • Gerakkan sprite 10 langkah maju.

      • Tambahkan kondisi "jika tombol spasi ditekan, maka hentikan sprite."

  3. Jalankan program dan uji hasilnya.

Program Sederhana dalam Pseudocode

Masalah: Menghitung rata-rata dari tiga angka.

Langkah-Langkah:

  1. Input tiga angka: A, B, C.

  2. Proses: Hitung rata-rata = (A + B + C) / 3.

  3. Output: Tampilkan hasil rata-rata.

Kode Pseudocode:

Mulai
Input A, B, C
Rata-rata = (A + B + C) / 3
Tampilkan Rata-rata
Selesai

Kesimpulan

Pemahaman algoritma pemrograman, penggunaan platform seperti PictoBlox, dan pembuatan program sederhana merupakan langkah awal yang penting untuk menguasai pemrograman. Dengan latihan dan eksplorasi, kemampuan ini dapat dikembangkan untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks.






No comments: