Soal Latihan Pilihan Ganda dan Uraian SMP Class VII -NFORMATIKA BAB 1 - 7 Beserta KUNCI JAWABAN

Soal Pilihan Ganda!


1. Apa yang dimaksud dengan Digital Citizenship?
A. Warga negara yang aktif dalam pemerintahan
B. Cara berperilaku baik di dunia nyata
C. Cara menggunakan teknologi secara bertanggung jawab di dunia digital
D. Pengguna internet tanpa batasan

 

2. Berikut ini yang merupakan contoh perilaku Digital Citizen yang baik adalah...
A. Membagikan berita tanpa memeriksa kebenarannya
B. Memberikan komentar kasar di media sosial
C. Melindungi data pribadi saat menggunakan internet
D. Membajak software berbayar

 

3. Salah satu prinsip penting dalam menjadi Digital Citizen yang baik adalah...
A. Anonimitas total
B. Etika dan tanggung jawab dalam penggunaan teknologi
C. Kebebasan tanpa batas
D. Mengabaikan hak cipta

 

4. Menghargai hak cipta di dunia digital berarti...
A. Bebas mengambil konten siapa saja
B. Memberi kredit atau izin saat menggunakan karya orang lain
C. Membayar semua yang ada di internet
D. Mengabaikan sumber informasi

 

5. Yang bukan termasuk dampak sosial dari informatika adalah...
A. Kemudahan komunikasi
B. Penyebaran informasi palsu
C. Peningkatan keterampilan digital
D. Menurunnya kebutuhan akan internet

 

6. Berikut ini yang termasuk perangkat keras komputer adalah...
A. Microsoft Word
B. CPU
C. Windows
D. Google Chrome

 

7. Sistem operasi seperti Windows, Linux, dan MacOS termasuk dalam kategori...
A. Perangkat keras
B. Perangkat lunak aplikasi
C. Perangkat lunak sistem
D. Perangkat jaringan

 

8. Alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan lokal adalah...
A. Keyboard
B. Switch
C. Monitor
D. Harddisk

 

9. Fungsi dari router dalam jaringan komputer adalah...
A. Menyimpan data
B. Menyaring virus komputer
C. Menghubungkan jaringan lokal ke jaringan lain, seperti internet
D. Mengatur program komputer

 

10. Yang termasuk contoh perangkat input pada komputer adalah...
A. Printer
B. Proyektor
C. Scanner
D. Speaker

 

11. Yang dimaksud dengan desain grafis adalah...
A. Menyusun teks dalam paragraf
B. Membuat gambar atau visual untuk menyampaikan pesan
C. Mengedit video untuk presentasi
D. Membuat tabel data

 

12. Software berikut ini yang digunakan untuk desain grafis adalah...
A. Microsoft Word
B. Adobe Photoshop
C. Excel
D. Notepad

 

13. Prinsip dasar dalam desain grafis yang memperhatikan keseimbangan elemen disebut...
A. Warna
B. Proporsi
C. Balance
D. Kontras

14. Format file hasil desain grafis yang mendukung transparansi latar belakang adalah...
A. JPG
B. PNG
C. BMP
D. PDF

15. Dalam praktik desain grafis, penggunaan warna yang berseberangan di roda warna disebut...
A. Warna Analog
B. Warna Komplementer
C. Warna Netral
D. Warna Primer

 

16. Aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata adalah...
A. Microsoft Excel
B. Microsoft Word
C. Google Sheets
D. Adobe Photoshop

 

17. Fungsi utama Microsoft Excel adalah untuk...
A. Membuat presentasi
B. Mengedit video
C. Mengolah data berbentuk tabel dan perhitungan
D. Mendesain poster

 

18. Untuk menghubungkan data dari Excel ke Word digunakan fitur...
A. Mail Merge
B. Hyperlink
C. Bookmark
D. Styles

 

19. Aplikasi berbasis cloud yang mirip dengan Microsoft Word adalah...
A. Google Docs
B. Google Slides
C. Google Forms
D. Google Calendar

 

20. Kelebihan utama dari Google Sheets dibandingkan Excel biasa adalah...
A. Tidak bisa diakses online
B. Bisa diakses dan diedit bersama-sama secara real-time
C. Hanya bisa digunakan di komputer
D. Harus diunduh terlebih dahulu

 

21. Berpikir komputasional adalah kemampuan untuk...
A. Menghafal teori komputer
B. Menganalisis dan memecahkan masalah secara sistematis
C. Menggunakan komputer saja
D. Membuat desain grafis

22. Langkah pertama dalam berpikir komputasional adalah...
A. Menyimpan data
B. Mengidentifikasi masalah
C. Membuat laporan
D. Menyusun algoritma

 

23. Contoh nyata penerapan berpikir komputasional adalah...
A. Menulis puisi
B. Membuat resep masakan langkah demi langkah
C. Membaca novel
D. Menggambar pemandangan

 

24. Algoritma dalam berpikir komputasional berarti...
A. Cara membuat gambar
B. Urutan langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah
C. Software pengolah data
D. Hardware komputer

25. Decomposition dalam berpikir komputasional berarti...
A. Menyederhanakan masalah menjadi bagian-bagian kecil
B. Membuat masalah menjadi lebih sulit
C. Menggabungkan semua masalah
D. Menghindari masalah

 

26. Salah satu prinsip berpikir komputasional adalah...
A. Abstraksi
B. Emosi
C. Humor
D. Kesimpulan cepat

 

27. Numerasi dalam berpikir komputasional berkaitan dengan...
A. Membaca cepat
B. Pengolahan data berbasis angka
C. Menulis artikel
D. Menggambar grafik

 

28. Teknik berpikir komputasional yang fokus pada mengenali pola disebut...
A. Decomposition
B. Pattern Recognition
C. Abstraction
D. Simulation

 

29. Abstraksi dalam berpikir komputasional adalah...
A. Mencari detail terkecil dari masalah
B. Fokus pada informasi penting dan mengabaikan hal tidak relevan
C. Membuat masalah lebih sulit
D. Menyelesaikan masalah tanpa berpikir

 

30. Berpikir komputasional sangat penting untuk...
A. Mengembangkan keterampilan menyanyi
B. Menyelesaikan masalah kompleks dengan solusi efektif
C. Membuat acara hiburan
D. Bermain tanpa tujuan

 

31. Algoritma adalah...
A. Alat untuk mengetik
B. Urutan langkah logis untuk menyelesaikan masalah
C. Bahasa pemrograman
D. Gambar rancangan

 

32. Program yang digunakan untuk membuat algoritma berbasis blok adalah...
A. Microsoft Word
B. Scratch
C. PictoBlox
D. Excel

33. Salah satu kelebihan menggunakan PictoBlox adalah...
A. Sulit dipelajari
B. Hanya untuk orang dewasa
C. Berbasis blok dan visual, memudahkan pemula
D. Membutuhkan coding rumit

 

34. Dalam algoritma, simbol belah ketupat biasanya melambangkan...
A. Proses
B. Keputusan atau percabangan
C. Mulai dan selesai
D. Input data

 

35. Pembuatan program sederhana sebaiknya dimulai dengan...
A. Menulis kode panjang
B. Membuat algoritma terlebih dahulu
C. Menulis buku
D. Menggambar sketsa rumah

 

36. PictoBlox sangat cocok digunakan untuk...
A. Pengembangan aplikasi berat
B. Belajar dasar-dasar coding dan robotik
C. Membuat video animasi panjang
D. Menyusun database besar

 

37. Perintah "if-else" dalam algoritma berfungsi untuk...
A. Menghitung angka
B. Menggambar objek
C. Membuat keputusan berdasarkan kondisi
D. Membuat suara

 

38. Untuk memulai pembuatan program di PictoBlox, kita biasanya menggunakan blok...
A. Repeat Forever
B. When Flag Clicked
C. Pen Down
D. Go To X Y

 

39. Dalam diagram alur (flowchart), simbol persegi panjang menunjukkan...
A. Input/Output
B. Proses
C. Keputusan
D. Terminator

 

40. Apa yang terjadi jika algoritma tidak berurutan?
A. Program tetap berjalan baik
B. Program menjadi lebih cepat
C. Program akan error atau tidak sesuai harapan
D. Program menjadi lebih kreatif

 

41. Apa itu AI dalam konteks PictoBlox?
a. Alat Musik
b. Kecerdasan Buatan
c. Kamera Digital
d. Sistem Operasi

42. Dalam PictoBlox, blok untuk mengenali wajah biasanya menggunakan?
a. Speech Recognition
b. Face Detection
c. Sound Sensor
d. Light Sensor

43. Salah satu fungsi utama Machine Learning Extension di PictoBlox adalah untuk:
a. Mengatur suara
b. Mengenali pola
c. Membuat musik
d. Menggambar manual

44. Untuk menggunakan AI di PictoBlox, diperlukan:
a. Printer 3D
b. Webcam
c. Kipas angin
d. Headphone

45. Saat PictoBlox mengenali perintah suara, fitur ini disebut:
a. Sound Blaster
b. Face Recognition
c. Speech Recognition
d. Voice Recording

46. PictoBlox menggunakan AI untuk:
a. Menghapus file
b. Membaca suara dan gambar
c. Menambah RAM komputer
d. Mengubah warna layar

47. Apa yang digunakan PictoBlox untuk mengenali ekspresi wajah?
a. Mouse
b. Keyboard
c. Kamera
d. Speaker

48. Dalam pelatihan Machine Learning di PictoBlox, data yang digunakan disebut:
a. Dataset
b. Filesheet
c. Docx
d. PDF

49. Extension di PictoBlox untuk mengenali gambar dinamakan:
a. Image Blaster
b. Object Detection
c. Sound Recognition
d. Word Processor

50. Apa kegunaan model Machine Learning di PictoBlox?
a. Untuk menghitung uang
b. Untuk mengenali pola input
c. Untuk menambah cahaya layar
d. Untuk memperbesar ukuran teks

 

Soal Uraian

1. Jelaskan perbedaan utama antara Microsoft Word dan Microsoft Excel!

  • Microsoft Word adalah program pengolah kata yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memformat dokumen teks seperti surat, laporan, dan makalah.

  • Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang digunakan untuk membuat tabel, menghitung data dengan rumus, dan membuat grafik dari data.

Perbedaan utama: Word untuk teks, Excel untuk data dan perhitungan.


2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan berpikir komputasional dan mengapa penting dalam kehidupan sehari-hari!

Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan masalah secara logis dan sistematis seperti yang dilakukan oleh komputer.
Penting karena membantu kita memecahkan masalah kompleks, membuat keputusan, dan berpikir lebih efisien dalam kehidupan sehari-hari.


3. Sebutkan dan jelaskan empat konsep utama dalam berpikir komputasional!

  1. Decomposition (Pemisahan) – Memecah masalah besar menjadi bagian-bagian kecil.

  2. Pattern Recognition (Pengenalan Pola) – Mencari kesamaan atau pola dalam masalah.

  3. Abstraction (Abstraksi) – Mengambil informasi penting dan mengabaikan hal-hal yang tidak perlu.

  4. Algorithm (Algoritma) – Menyusun langkah-langkah yang jelas untuk menyelesaikan masalah.


4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan desain grafis dan sebutkan contohnya dalam kehidupan sehari-hari!

Desain grafis adalah proses menciptakan visual (gambar, teks, warna) untuk menyampaikan pesan atau informasi.
Contoh: Poster, logo, kemasan produk, iklan digital, undangan, dan infografis.


5. Jelaskan apa itu algoritma dan berikan contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari!

Algoritma adalah langkah-langkah berurutan dan logis untuk menyelesaikan suatu masalah.
Contoh: Cara membuat mi instan:

  1. Didihkan air

  2. Masukkan mi

  3. Tambahkan bumbu

  4. Aduk dan sajikan


6. Apa itu PictoBlox dan mengapa digunakan dalam belajar pemrograman?

PictoBlox adalah platform pemrograman visual berbasis blok (block-based programming) yang dirancang untuk anak-anak dan pemula agar bisa belajar coding dan AI dengan mudah.
Digunakan karena:

  • Mudah digunakan (drag and drop)

  • Visual dan interaktif

  • Cocok untuk belajar logika pemrograman dan konsep AI


7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan "AI" di PictoBlox!

AI (Artificial Intelligence) di PictoBlox adalah kemampuan program untuk meniru kecerdasan manusia, seperti mengenali wajah, suara, objek, dan pola.
Fitur AI di PictoBlox memungkinkan pengguna membuat proyek cerdas menggunakan data, kamera, dan sensor.


8. Sebutkan dua contoh penggunaan AI di PictoBlox!

  1. Face Detection – Mengenali wajah manusia menggunakan webcam.

  2. Speech Recognition – Mengenali dan merespon perintah suara yang diucapkan.


9. Mengapa webcam diperlukan dalam projek AI menggunakan PictoBlox?

Karena webcam digunakan untuk menangkap gambar atau video secara langsung yang dibutuhkan dalam:

  • Deteksi wajah

  • Deteksi objek

  • Pengambilan data visual untuk pelatihan AI
    Tanpa webcam, fitur visual AI tidak bisa dijalankan.


10. Jelaskan perbedaan antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) pada sistem komputer!

Perangkat keras (hardware): Bagian fisik dari komputer yang bisa disentuh, seperti keyboard, mouse, monitor, dan CPU.

Perangkat lunak (software): Program atau aplikasi yang berjalan di komputer dan memberi perintah kepada hardware, seperti Windows, Word, dan browser.


Terima Kasih.

Semoga  Bermanfaat.


 


No comments: