Observasi yang dilakukan di pasar tradisional



Apa saja yang ada di pasar tradisional?
Pada pasar tradisional ini sebagian besar menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur- sayuran, telur, daging, kain, barang elektronik, jasa, dll. Selain itu juga menjual kue tradisional dan makanan nusantara lainnya.


Langkah langkah melakukan observasi pasar?
Langkah – langkah observasi pasar 
1.Harus diketahui di mana observasi itu dapat dilakukan. 
2.Harus ditentukan dengan pasti siapa saja yang harus diobservasi. 
3.Harus diketahui dengan jelas data – data apa saja yang diperlukan. 
4.Harus diketahui bagaimana cara mengumpulkan data agar berjalan mudah dan lancar.

Apa yang dengan teks laporan hasil observasi?
Teks Laporan Hasil Observasi: 
Dilansir situs Kemdikbud, teks laporan hasil observasi adalah tulisan yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan observasi juga disebut teks klasifikasi, karena memuat klasifikasi mengenai jenis - jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.


Apa perbedaan antara pasar tradisional dan pasar modern?
Apa itu Pasar? Ini Pengertian dan Bedanya Tradisional dengan ...
Pasar tradisional adalah pasar yang telah ada sejak zaman dahulu kala dan biasanya terdiri dari beberapa warung kecil yang dikelola oleh pedagang lokal. Sementara pasar modern adalah pasar yang didesain khusus dan dioperasikan oleh perusahaan besar dengan struktur pasar yang besar dan kompleks.

Apa saja ciri ciri pasar tradisional?
Pengertian Pasar Tradisional, Ciri-ciri, Fungsi, dan Contohnya
Ciri-ciri pasar tradisional adalah 
1. Adanya sistem tawar-menawar antara penjual dan pembeli.
2. Pasar tradisional dimiliki, dibangun, dan dikelola oleh pemerintah daerah.
3. Tempat usaha beragam dan menyatu dalam lokasi yang sama.
4. Sebagian besar barang dan jasa ditawarkan adalah produk lokal


Kegiatan apa saja yang ada di pasar?
Apa Saja Jenis Aktivitas dan Pelaku Aktivitas di Pasar?
1. Membeli barang. 
2. Tawar menawar. 
3. Distribusi barang..
4. Jasa petugas kebersihan. 
5. Jasa tukang becak.
6. Jasa angkat barang. 
7. Pemeriksaan berkala di pasar. 

Manfaat apa saja yang kalian dapat dari penelitian observasi pasar?
Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat market research yang perlu kamu ketahui.
  • Memahami tren pasar. ...
  • Memahami perilaku konsumen. ...
  • Mempelajari strategi kompetitor. ...
  • Mencari tahu demand produk. ...
  • Mengantisipasi tantangan pasar.


Contoh Laporan Survei Pasar Tradisional

BAB I
PENDAHULUAN

I. LATAR BELAKANG
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial daninfrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang denganimbalan uang. Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yangmemungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi.Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi.Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan danmemungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Menurutklasifikasinya, Pasar terdiri dari Pasar Tradisional dan Pasar Modern.
 
Pasar tradisionalmerupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. angunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. !edangkan Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, hanya saja penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung, melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang  barcode

Berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri "swalayan atau dilayani oleh pramuniaga". Pasar tradisional yang kami pilih untuk proses survey adalah Pasar Surya, Lokasi pasar itu berada di Siwalankerto Surabaya. Pada Tanggal / Hari  : 6 Maret 2024, Jumat,  Pukul : 07:30 - 10:30 WIB.
 
RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang akan kami bahas adalah sebagai berikut 

  • Beberapa besar peluang untuk membuka usaha di pasar tersebut +).
  • Faktor apa yang memberikan peluang untuk membuka usaha +.
  • Apakah yang harus dilakukan oleh calon penjual agar dapat memaksimalkan penjualan di pasar +.
  • Bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mengembangkan usaha tersebut +
  • Faktor apa yang memberikan peluang untuk membuka usaha +
  • Apakah yang harus dilakukan oleh calon penjual agar dapat memaksimalkan penjualan di pasar + 
  • Bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mengembangkan usaha tersebut +

BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN


III.
TUJUAN

Tujuan dilakukannya sur$ey pasar terhadap penjual yang berada di pasar stasiun / terminal depok, adalah sebagai berikut*'.
  • Untuk mengetahui peluang yang ada untuk memulai usaha di pasar tersebut.
  • Untuk mengidentifikasi hal yang harus dilakukan untuk memulai usaha.
  • Untuk mengetahui strategi dalam mengambil sebuah peluang berusaha.
 
EMPAT DAN !AKTU PELAKSANA

Hari : SabtuTanggal : 10 Maret 2024
Pukul : 07:30 - 10:30 WIB
Lokasi : Pasar PD Pasar Surya Siwalan Kerto 
Yang disurvey : Kegiatan pasar dan barang yang dijual di pasar
Metode survey : wawancara langsung


BAB IV
PENUTUP dan KESIMPULAN 


VIDEO SELAMA OBSERVASI PASAR





By : Septadhana
Semoga Bermanfaat



No comments: