Cara Mudah Membaca Kode Binner Bilngan Binner

Cara Mudah Membaca Kode Biner

 

  


Binary atau kode biner dikenal sebagai sistem penomoran basis 2, yang berarti ada dua angka yang mungkin untuk setiap digit; satu atau nol. Angka yang lebih besar ditulis dengan menambahkan satu atau nol tambahan ke nomor biner.

Memahami Angka Biner

Membaca biner sebenarnya tidak terlalu penting dalam penggunaan komputer karena saat ini DDos dan GUI saya rasa sudah cukup untuk dapat mengendalikan komputer. Namun tak ada salahnya jika Anda memahami konsep untuk mendapatkan apresiasi yang lebih baik mengenai bagaimana komputer menyimpan angka dalam memori. Ini juga memungkinkan Anda untuk memahami istilah seperti pengukuran 16-bit, 32-bit, 64-bit, dan memori seperti byte (8 bit).

Cara Membaca Kode Biner

“Membaca” kode biner artinya menerjemahkan angka biner ke dalam basis 10 (desimal) yang dapat dipahami manusia. Konversi ini cukup sederhana untuk dilakukan di tempat kerja atau bahkan rumah Anda setelah Anda memahami bagaimana bahasa biner berfungsi.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap lokasi digit dalam angka biner memiliki nilai tertentu jika digit tersebut bukan angka nol. Setelah Anda menentukan semua nilai itu, Anda cukup menambahkannya bersama untuk mendapatkan nilai basis 10 (desimal) dari angka biner.

Untuk membuktikan metode ini, kita ambil angka biner 11001010.



Dalam kasus ini, karena angkanya adalah nol, nilai untuk tempat ini adalah nol.

01. Cara terbaik untuk membaca angka biner adalah mulai dengan digit paling kanan, dan diakhiri digit paling kiri. Kekuatan lokasi pertama itu nol, artinya nilai untuk digit itu, jika bukan nol, dua pangkat nol, atau satu.


Dalam contoh ini, nilainya adalah dua pangkat satu, yaitu dua.

02. Selanjutnya, pindah ke digit berikutnya. Jika angkanya adalah satu, maka hitung angka dua dengan menambahkan kuadrat satu. Catat juga nilai ini.



03. Lanjutkan untuk mengulangi proses ini sampai Anda mencapai digit paling kiri.

Untuk menyelesaikannya, yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan semua angka itu untuk mendapatkan nilai desimal keseluruhan dari angka biner: 128 + 64 + 0 + 0 + 8 + 0 + 2 + 0 = 202

Cara lain untuk mengetahui hasil akhir dalam bentuk persamaan adalah sebagai berikut: 1 x 2 7 + 1 x 2 6 + 0 x 2 5 + 0 x 2 4 + 1 x 2 3 + 0 x 2 2 + 1 x 2 1 + 0 x 2 0 = 202

Signed Binary Numbers

Metode di atas berfungsi untuk bilangan biner dasar yang masih unsigned. Namun, komputer juga membutuhkan cara untuk merepresentasikan angka negatif menggunakan bilangan biner.

Karena itu, komputer menggunakan Signed Binary Numbers. Dalam jenis sistem ini, digit paling kiri dikenal sebagai bit tanda, sedangkan digit yang tersisa dikenal sebagai bit magnitudo.

Cara Membaca Signed Binary Numbers hampir sama dengan unsigned, dengan satu perbedaan kecil.



01. Lakukan prosedur yang sama seperti yang dijelaskan di atas untuk nomor biner yang tidak ditandatangani, tetapi berhenti begitu Anda mencapai bit paling kiri.



02. Untuk menentukan tanda, periksa bit paling kiri. Jika satu, maka angkanya negatif. Jika nol, maka angkanya positif.

03. Sekarang, lakukan perhitungan yang sama seperti sebelumnya, tetapi terapkan tanda berlawanan sesuai angka seperti yang ditunjukkan oleh bit paling kiri: 64 + 0 + 0 + 8 + 0 + 2 + 0 = -74

Metode Signed Binary Numbers memungkinkan komputer untuk mewakili angka yang positif atau negatif. Namun, ia memakan bit awal, yang berarti angka yang lebih besar membutuhkan sedikit lebih banyak memori daripada angka biner yang masih unsigned.

Bagaimana? Apakah kini kamu dapat membaca kode biner menggunakan metode signed dan unsigned numbers?.

Artikel ini merupakan salinan dari postingan Lifewire yang berjudul How to Read Binary oleh Ryan Dube edisi bulan Agustus 2019. Dikurasi ulang, dan diterjemahkan oleh Teja Kusuma pada 01 November 2019.

 

No comments: