Class 7 : Hal. 211-214 - ALGORITMA PEMPROGRAMAN - Algoritma dan Pictoblox - Uji Kompetensi PILGAN dan URAIAN beserta Kunci Jawaban

Uji Kompetensi


A. Pilihlah jawaban yang benar.
1. Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk?
A. Merepresentasikan data dalam bentuk tabel.
B. Merepresentasikan urutan langkah-langkah dalam suatu proses atau algoritma.
C. Menampilkan gambar-gambar secara berurutan.
D. Merepresentasikan hubungan antar konsep dalam bentuk jaring-jaring.
E. Menghasilkan grafik-garafik statistic.

2. Simbol apa yang digunakan dalam flowchart untuk menunjukkan titik keputusan?
A. Rectangle.
B. Diamond.
C. Oval.
D. Panah.
E. Lingkaran.

3. Manfaat utama penggunaan mind map adalah... 
A. Membuat informasi menjadi lebih sulit dipahami. 
B. Memperburuk kemampuan pemecahan masalah.
C. Mengurangi kreativitas dalam berpikir.
D. Mempermudah pengingatan dan pemahaman informasi.
E. Memperlambat proses pembelajaran.

4. Aplikasi yang digunakan untuk membuat mind map secara kolaboratif adalah...
A. MindMeister.
B. XMind.
C. Simple Mind.
D. Coggle. 
E. Mindomo.

5. Simbol apa yang digunakan dalam flowchart untuk menunjukkan langkah-langkah atau proses dalam algoritma?
A. Rectangle.
B. Diamond.
C. Oval.
D. Panah.
E. Lingkaran.

6. Salah satu manfaat menggunakan flowchart adalah.... 
A. Memperumit proses pemahaman.
B. Menghambat kemampuan pemecahan masalah.
C. Membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan logika.
D. Mengurangi kemampuan visualisasi.
E. Memperlambat proses belajar.

7. Mana yang bukan termasuk simbol dasar dalam flowchart?
A. Rectangle.
B. Diamond.
C. Circle.
D. Oval.
E. Arrow.

8. Apa yang menjadi langkah awal yang penting bagi siswa SMP dalam mempelajari logika pemrograman?
A. Mempelajari flowchart.
B. Mempelajari konsep matematika.
C. Mempelajari bahasa pemrograman. 
D. Mempelajari penggunaan komputer. 
E. Mempelajari algoritma.

9. Mind map membantu dalam meningkatkan produktivitas dengan cara?
A. Memperlambat proses pemikiran.
B. Meningkatkan kerumitan informasi.
C. Mengurangi kreativitas.
D. Menyajikan informasi dalam format yang terstruktur dan mudah dipahami.
E. Mengurangi kemampuan visualisasi.

10. Aplikasi mobile yang digunakan untuk membuat mind map adalah....
A. MindMeister.
B. XMind.
C. Simple Mind.
D. Coggle.
E. Mindomo.

11. Proses menulis, menguji dan memperbaiki (Debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer adalah pengertian dari?
A. Bahasa Pemrograman.
B. Pictoblox.
C. Pemrograman.
D. Menulis.
E. Menggambar.

12. Apa tujuan dari pemrograman?
A. Menulis program.
B. Membuat suatu program. C. Memecahkan masalah.
D. Menganalisis program.
E. Mendata.

13. Berikut ini adalah aplikasi pemrograman visual?
A. Goolang.
B. Ruby.
C. Python.
D. Pictoblox.
E. C++.

14. Apa yang dimaksud dengan Machine Learning?
A. Komputer yang dapat terus belajar dan beradaptasi.
B. Super computer.
C. Bahasa pemrograman.
D. Sistem Internet.
E. AI.

15. Untuk menambahkan ekstensi tambahan pada Pictoblox kita dapat menggunakan elemen?
A. Modes.
B. Menu Bar.
C. Blocks Palette.
D. Add Extension.
E. Variable.


B. Jawablah pertanyan-pertanyaan berikut dengan tepat! 
1. Jelaskan secara detail apa itu flowchart dan jelaskan pentingnya penggunaan flowchart!

2. Gambarkan dan jelaskan simbol-simbol dasar yang umum digunakan dalam flowchart beserta fungsi-fungsinya!

3. Jelaskan bagian Block Palette yang terdapat pada Pictoblox! 

4. Jelaskan bagiamana cara merubah Backdrop pada Pictoblox! 

5. Jelaskan bagiamana cara merubah Sprite pada Pictoblox!


Berikut adalah jawaban untuk uji kompetensi PILGAN dan Uraian Singkat :

A. Pilihan Ganda

  1. B. Merepresentasikan urutan langkah-langkah dalam suatu proses atau algoritma.
  2. B. Diamond.
  3. D. Mempermudah pengingatan dan pemahaman informasi.
  4. D. Coggle.
  5. A. Rectangle.
  6. C. Membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan logika.
  7. C. Circle.
  8. A. Mempelajari flowchart.
  9. D. Menyajikan informasi dalam format yang terstruktur dan mudah dipahami.
  10. C. Simple Mind.
  11. C. Pemrograman.
  12. C. Memecahkan masalah.
  13. D. Pictoblox.
  14. A. Komputer yang dapat terus belajar dan beradaptasi.
  15. D. Add Extension.

B. Jawaban Singkat

  1. Pengertian dan Pentingnya Flowchart: Flowchart adalah representasi visual dari suatu proses atau algoritma yang terdiri dari simbol-simbol untuk menggambarkan setiap langkah dalam proses tersebut. Penggunaan flowchart penting karena mempermudah pemahaman alur proses, identifikasi langkah-langkah yang harus diambil, dan membantu dalam pengembangan serta debugging program dengan memberikan pandangan menyeluruh tentang alur logika yang digunakan.

  2. Simbol-Simbol Dasar Flowchart:

    • Oval (Terminator): Digunakan untuk menunjukkan awal atau akhir dari suatu proses.
    • Rectangle (Proses): Digunakan untuk menunjukkan proses atau langkah-langkah dalam suatu algoritma.
    • Diamond (Decision): Digunakan untuk menunjukkan titik keputusan dalam suatu proses.
    • Arrow (Arah): Digunakan untuk menunjukkan arah aliran proses.
    • Parallelogram (Input/Output): Digunakan untuk menunjukkan proses input atau output.
  3. Bagian Block Palette pada Pictoblox: Block Palette adalah bagian dari Pictoblox yang berisi blok-blok perintah yang dapat digunakan untuk membuat program. Blok ini disusun berdasarkan kategori seperti Motion, Looks, Sound, Events, dan Control. Setiap blok dapat disusun dalam urutan tertentu untuk menjalankan perintah tertentu pada sprite atau objek lainnya.

  4. Cara Merubah Backdrop pada Pictoblox: Untuk mengubah backdrop, klik pada panel “Backdrops” yang terletak di bagian bawah layar Pictoblox. Di sini, pilih backdrop yang tersedia atau tambahkan backdrop baru dari pustaka, atau unggah gambar dari perangkat pengguna untuk digunakan sebagai backdrop.

  5. Cara Merubah Sprite pada Pictoblox: Untuk mengubah sprite, pilih tab “Sprites” di bagian bawah layar. Kemudian pilih sprite yang ingin digunakan dari pustaka, tambahkan sprite baru, atau unggah sprite kustom dari perangkat.


By. @Septadhana


No comments: