Class 7 : Hal. 234-238 - PRAKTIK LINTAS BIDANG - Pictoblox dengan AI - Uji Kompetensi PILGAN dan URAIAN beserta Kunci Jawaban

Uji Kompetensi


A. Pilihlah jawaban yang benar.
1. Apa yang dimaksud dengan Praktik Lintas Bidang dalam konteks pembelajaran informatika?
A. Hanya berkaitan dengan pemrograman komputer.
B. Menggunakan teknologi informasi hanya dalam seni dan desain.
C. Menerapkan konsep-konsep informatika dalam berbagai bidang.
D. Mengoperasikan komputer secara sederhana.
E. Membuat aplikasi yang kompleks.

2. Apa yang menjadi fokus pembelajaran pada materi tentang Pictoblox dengan AI?
A. Membuat program sederhana untuk face detection.
B. Mempelajari sejarah pengembangan teknologi AI. 
C. Memahami konsep-konsep matematika lanjutan.
D. Menerapkan fisika dalam pembuatan program.
E. Menyusun algoritma untuk game kompleks.

3. Apa langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuat aplikasi face detection menggunakan Pictoblox?
A. Memilih ekstensi Object Detection.
B. Menghapus semua Sprite.
C. Memilih ekstensi Face Detection.
D. Membuat Sprite baru.
E. Menjalankan program face detection.

4. Apa fungsi dari blok "When Green Flag Clicked" pada Pictoblox?
A. Menghapus semua Sprite.
B. Memulai program ketika bendera hijau diklik.
C. Mengganti warna latar belakang.
D. Mengaktifkan kamera.
E. Menyimpan gambar dari Stage.

5. Apa yang dimaksud dengan NLP dalam konteks pembuatan Virtual Dokter dengan Pictoblox?
A. Natural Learning Process.
B. Neural Linguistic Programming. 
C. Natural Language Processing.
D. National Language Program.
E. Networked Language Platform.

6. Apa tujuan dari melatih pengklasifikasi teks dalam Virtual Dokter menggunakan Pictoblox?
A. Menggunakan bahasa buatan untuk berkomunikasi.
B. Memahami bahasa komputer secara mendalam.
C. Mengklasifikasikan gambar berdasarkan teks.
D. Menerjemahkan bahasa alami ke dalam bahasa komputer. gejala penyakit berdasarkan teks
E. Memahami dimasukkan.
yang

7. Mengapa penting untuk memasukkan data gejala penyakit saat melatih pengklasifikasi teks?
A. Untuk membuat dokter virtual menjadi lebih pintar.
B. Agar dokter virtual dapat mengevaluasi kinerjanya.
C. Untuk memberikan variasi dalam respons dokter virtual.
D. Agar dokter virtual dapat memahami dan mengklasifikasikan gejala penyakit.
E. Untuk menghindari kekeliruan dalam diagnosis.

8. Mengapa pembelajaran lintas bidang penting dalam pendidikan informatika?
A. Untuk membatasi penggunaan teknologi informasi.
B. Untuk mengurangi kompleksitas materi pembelajaran. 
C. Untuk memperluas penerapan konsep informatika. 
D. Untuk menyederhanakan pembelajaran pemrograman. 
E. Untuk membatasi aplikasi teknologi informasi pada satu bidang saja.

9. Apa yang menjadi fokus utama pembelajaran pada materi Pictoblox dengan AI?
A. Menggunakan teknologi informasi hanya dalam seni dan
desain.
B. Membuat aplikasi kompleks untuk bisnis.
C. Memahami cara kerja algoritma pencarian Google.
D. Membuat program sederhana dengan menggunakan Pictoblox.
E. Mempelajari sejarah pengembangan teknologi AI.

10. Mengapa ekstensi Face Detection dipilih dalam pembelajaran Pictoblox dengan AI?
A. Untuk menerapkan fitur penerjemahan bahasa.
B. Untuk mendeteksi ekspresi wajah dalam aplikasi.
C. Untuk melakukan analisis teks dalam program.
D. Untuk mendeteksi dan menandai wajah dalam gambar atau video.
E. Untuk mengukur suhu tubuh secara digital.

11. Apa yang dimaksud dengan Virtual Dokter dalam konteks pembelajaran menggunakan Pictoblox?
A. Dokter yang hanya ada di dunia maya.
B. Dokter yang bekerja secara virtual tanpa bertemu langsung dengan pasien.
C. Program komputer yang memberikan nasihat medis melalui Video Call.
D. Aplikasi medis yang membantu mengatur jadwal konsultasi
dokter.
E. Perangkat lunak simulasi yang menggambarkan proses
operasi medis.

12. Apa kegunaan utama ekstensi NLP dalam pembelajaran Pictoblox?
A. Untuk membuat animasi karakter yang realistis.
B. Untuk melatih penggunaan bahasa alami oleh komputer. 
C. Untuk memperluas kemampuan komunikasi antar robot. 
D. Untuk membuat game interaktif dengan dialog naratif. 
E. Untuk mengembangkan aplikasi penerjemah bahasa otomatis

13. Apa yang dimaksud dengan sprite dalam konteks penggunaan Pictoblox?
A. Kode bahasa pemrograman dalam bentuk grafis.
B. Animasi karakter yang dapat diatur dalam program.
C. Gambar atau objek yang dapat dipindahkan dan diatur dalam program.
D. Proyektor untuk menampilkan gambar di layar komputer.
E. Papan sirkuit untuk mengontrol perangkat keras.

14. Mengapa penting untuk memulai program dengan blok "When Green Flag Clicked" dalam Pictoblox?
A. Agar program dapat berjalan secara otomatis.
B. Untuk memeriksa kesalahan dalam program sebelum dijalankan.
C. Untuk memberikan instruksi awal kepada pengguna.
D. Agar program dapat dimulai saat bendera hijau diklik.
E. Untuk menampilkan pesan error jika ada kesalahan dalam program.

15. Apa yang dimaksud dengan "analisis gambar" dalam konteks pembelajaran Pictoblox dengan AI?
A. Proses pengukuran intensitas warna pada gambar.
B. Proses menggabungkan beberapa gambar menjadi satu.
C. Proses pengenalan objek atau pola dalam gambar.
D. Proses mengubah gambar menjadi format lain.
E. Proses mencari kesalahan dalam gambar.



B. Jawablah pertanyan-pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan praktik lintas bidang dalam pembelajaran informatika. Berikan contoh konkretnya tentang bagaimana konsep informatika dapat diterapkan dalam bidang lain di luar dunia teknologi!

2. Gambarkan langkah-langkah utama yang diperlukan untuk membuat program sederhana untuk face detection menggunakan Pictoblox. Jelaskan peran masing-masing blok dalam proses pembuatan program tersebut!

3. Bagaimana penerapan Natural Language Processing (NLP) dalam pembelajaran Pictoblox dapat meningkatkan interaktivitas dan fungsionalitas aplikasi yang dibuat? Berikan contoh penggunaan NLP dalam salah satu proyek yang disebutkan dalam materi! 

4. Mengapa penting bagi siswa untuk memahami konsep-konsep informatika dalam berbagai bidang kehidupan? Jelaskan bagaimana pemahaman tersebut dapat membantu siswa dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. 

5. Diskusikan potensi dan dampak positif dari penggunaan teknologi seperti Pictoblox dalam pendidikan. Jelaskan bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran lintas bidang!



Berikut adalah jawaban untuk uji kompetensi PILGAN dan URAIAN : 

A. Pilihan Ganda

  1. C. Menerapkan konsep-konsep informatika dalam berbagai bidang.
  2. A. Membuat program sederhana untuk face detection.
  3. C. Memilih ekstensi Face Detection.
  4. B. Memulai program ketika bendera hijau diklik.
  5. C. Natural Language Processing.
  6. D. Menerjemahkan bahasa alami ke dalam bahasa komputer gejala penyakit berdasarkan teks.
  7. D. Agar dokter virtual dapat memahami dan mengklasifikasikan gejala penyakit.
  8. C. Untuk memperluas penerapan konsep informatika.
  9. D. Membuat program sederhana dengan menggunakan Pictoblox.
  10. D. Untuk mendeteksi dan menandai wajah dalam gambar atau video.
  11. B. Dokter yang bekerja secara virtual tanpa bertemu langsung dengan pasien.
  12. B. Untuk melatih penggunaan bahasa alami oleh komputer.
  13. C. Gambar atau objek yang dapat dipindahkan dan diatur dalam program.
  14. D. Agar program dapat dimulai saat bendera hijau diklik.
  15. C. Proses pengenalan objek atau pola dalam gambar.


B. Jawaban Singkat

  1. Praktik Lintas Bidang dalam Pembelajaran Informatika: Praktik lintas bidang dalam pembelajaran informatika adalah penerapan konsep dan teknik informatika pada berbagai bidang studi atau pekerjaan di luar teknologi murni. Contohnya, dalam biologi, teknologi informatika bisa diterapkan untuk menganalisis data genetik atau membuat simulasi proses biologis. Dalam seni, konsep informatika digunakan untuk menciptakan animasi atau seni digital, dan dalam bisnis, diterapkan untuk mengolah data pelanggan dan mengoptimalkan strategi pemasaran.

  2. Langkah-Langkah Face Detection pada Pictoblox:

    • Pilih ekstensi Face Detection: Ekstensi ini memungkinkan program mengenali wajah dalam gambar atau video.
    • Blok "When Green Flag Clicked": Memulai program ketika tombol bendera hijau diklik.
    • Blok untuk mengaktifkan kamera: Blok ini mengaktifkan kamera pada perangkat untuk mendeteksi wajah.
    • Blok untuk mendeteksi wajah: Blok ini mendeteksi dan melacak wajah dalam area yang terlihat oleh kamera. Setiap blok ini bekerja untuk menangkap gambar, mengidentifikasi wajah, dan menandai deteksi wajah sesuai posisi wajah yang terdeteksi.
  3. Penerapan NLP pada Pictoblox: Natural Language Processing (NLP) dalam Pictoblox meningkatkan interaktivitas dengan memungkinkan komputer memahami dan merespons bahasa alami yang digunakan manusia. Contohnya, pada proyek Virtual Dokter, NLP digunakan untuk menganalisis input teks dari gejala yang diberikan pengguna, sehingga program dapat memberikan respons atau diagnosis yang sesuai, mirip dengan konsultasi awal ke dokter.

  4. Pentingnya Pemahaman Konsep Informatika: Pemahaman konsep informatika memungkinkan siswa untuk berpikir logis, menyusun algoritma, dan menerapkan solusi berbasis teknologi dalam berbagai situasi. Hal ini sangat penting di era digital saat ini, di mana hampir setiap aspek kehidupan memanfaatkan teknologi. Dengan pemahaman informatika, siswa bisa menghadapi tantangan pekerjaan masa depan yang semakin kompleks dan berbasis teknologi.

  5. Potensi dan Dampak Positif Teknologi seperti Pictoblox dalam Pendidikan: Pictoblox dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan memberikan kesempatan untuk membuat program atau animasi interaktif. Teknologi ini juga melatih keterampilan pemecahan masalah dengan cara berpikir kritis dan logis, membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan berinovasi melalui proyek berbasis informatika. Dalam pembelajaran lintas bidang, siswa juga bisa memahami bagaimana teknologi dapat diterapkan di bidang lain, memperluas perspektif dan wawasan mereka terhadap penggunaan teknologi.



By. @SeptaDhana'

No comments: